Manfaat Marmer Untuk Bangunan Masjid

Manfaat marmer untuk bangunan masjid. Banyak masjid yang didirikan dengan bangunan megah dan desain yang mewah, baik interior maupun eksteriornya. Fungsinya pun tak hanya sebagai tempat peribadatan kaum muslimin, melainkan juga sebagai tempat wisata untuk keluarga maupun rombongan pengajian.

Manfaat Marmer Untuk Bangunan Masjid

Hebatnya lagi, sebagian masjid tersebut dibangun dan dikelola oleh perorangan, sehingga uniknya nama masjid pun memakai nama si pemilik tersebut. Setidaknya ada dua masjid yang masuk kriteria itu. Pertama, Masjid Jami’ Dian Al-Mahri di Depok, Jawa Barat, yang dikenal juga dengan sebutan Masjid Kubah Emas. Kedua, Masjid Suciati Saliman yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta.

Marmer di Bangunan Masjid

Kemegahan dan kemewahan kedua masjid tersebut tak lepas dari pilihan material yang digunakannya. Salah satu material yang menjadi andalan adalah marmer, baik untuk lantai maupun dinding.

Manfaat Marmer Untuk Bangunan Masjid

Marmer yang digunakan di Masjid Kubah Emas pun tak main-main. Masjid milik Ibu Dian al-Mahri (alm) ini mengimpor marmer dari Turki dan Italia. Sementara masjid milik Ibu Suciati diklaim menggunakan marmer terbaik di Indonesia.

Marmer memiliki peran yang sangat penting untuk menghadirkan keindahan dan kemegahan pada masjid. Batu marmer dapat diaplikasikan pada lantai, dinding, kolom, kubah hingga kaligrafi pada bangunan masjid.

Untuk sekedar informasi ataupun pemesanan, Anda bisa mewhatsapp kami di :
0822 6565 2222 Pak Mudzakir.
Layanan Marmer , Granit Lokal & Impor

Link kami lainnya :

Jasa Bangun Rumah Jogja kontraktor bangunan rumah, gudang, cafe, gedung bertingkat dll amanah terpercaya.

Pemborong Rumah Solo Jasa borongan bangun rumah, gudang, gedung bertingkat, cafe dll gratis RAB.

Kontraktor Bangunan Semarang Jasa bangun rumah, gedung bertingkat, cafe dll amanah profesional.

Manfaat Marmer pada Bangunan Masjid

Manfaat Marmer Untuk Bangunan MasjidKetahui manfaat dan keuntungan menggunakan material marmer di bangunan masjid yang membuatnya menjadi pilihan utama:

  • Terlihat lebih mewah

Permukaan mengkilat yang mampu memantulkan cahaya pada marmer membuat bangunan masjid yang menggunakan material ini tampak elegan dan mewah. Paparan cahaya dari sudut yang berbeda akan menghasilkan kesan berbeda juga. Inilah yang membuat marmer terlihat mewah.

  • Ikonik dan estetik

Marmer tak hanya menyuguhkan penampilan estetik yang memanjakan mata, masjid pun akan menjadi ikonik alias punya ciri khas yang tidak ditemukan di masjid lain. Rahasianya adalah setiap bongkahan marmer menghasilkan pola yang disebut “vein” yang berbeda-beda, unik, dan tidak pernah seragam.

  • Ruangan lebih sejuk

Marmer dikenal sebagai jenis batu alam yang tahan terhadap panas alias heat resistant. Hebatnya, batuan ini mampu menyerap kelembapan udara di malam hari, dan mempertahankan suhu sejuknya di hari esoknya, walau saat itu di luar terpapar matahari yang sangat terik. Itulah sebabnya saat sholat Zhuhur di masjid ini akan merasa sejuk dan nyaman.

  • Daya tahan lama

Marmer memiliki keunggulan yaitu awet, tahan terhadap cuaca, dan kuat terhadap perubahan suhu, membuatnya ideal juga diaplikasikan untuk luar ruang alias area eksterior bangunan masjid. Pesonanya tak luntur hingga bertahun-tahun.

  • Tahan terhadap api

Kelebihan lain dari marmer adalah tahan api. Jika sampai terjadi musibah kebakaran di masjid yang menggunakan material marmer, maka kerusakannya dapat diminimalkan dan relatif mudah diperbaiki, sehingga biayanya bisa ditekan.

  • Banyak pilihan warna

Marmer juga memudahkan dalam urusan pemilihan warna untuk tema bangunan masjid. Warna dan pola yang sangat beragam membuatnya dapat dengan mudah disesuaikan. Mulai dari marmer putih, hitam, hijau, dan warna lainnya.

Umumnya bangunan masjid menggunakan marmer putih. Dari segi pencahayaan, warna ini dapat memberikan kesan luas dan lega karena mampu memantulkan cahaya ke seluruh area. Selain itu kesan bersih dan suci akan semakin kuat.

  • Bisa dibentuk lebih artistik

Marmer dapat dikondisikan untuk berbagai kebutuhan di masjid seperti kubah, mimbar, kolom, dan kaligrafi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut memang memerlukan bantuan mesin berteknologi tinggi. Tapi hasilnya sangat memuaskan.

Berkat kelebihan-kelebihannya, marmer acapkali menjadi pilihan utama material yang digunakan di berbagai bangunan masjid. Bukan hanya Masjid Dian al-Mahri dan Masjid Suciati Saliman saja yang mengandalkannya, bahkan Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah pun menggunakan marmer sebagai material utamanya.

Untuk dua masjid agung di Indonesia itu, untuk menjaga pesona dan keindahan marmer yang ada di dalamnya perlu dilakukan perawatan secara rutin berupa poles mamer untuk lantai dan dindingnya.

Anda bisa cek Lantai Marmer Murah apabila tertarik menggunakan marmer. Selain itu juga untuk mendapatkan harga yang menarik baik untuk marmer impor atau lokal. Ini sangat mempermudah dalam pencarian marmer sesuai dengan selera dan budget anda.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Marmer untuk Lapisan Bangunan

Beberapa keuntungan yang dihasilkan dari adanya marmer sebagai bahan bangunan, khususnya marmer untuk masjid. Baik itu dalam bagian lantai, ataupun dinding dan tiang.

  • Tidak mudah menghantarkan panas dan tahan panas
  • Pilihan dan variasi warna dan motif yang cukup beragam
  • Tidak mudah tergores oleh benda lain
  • Tahan lama
  • Kuat
  • Mudah dalam perawatan dan pembersihan

Dengan demikian, bahan marmer untuk masjid sangatlah cocok dan banyak direkomendasikan. Karena selain mudah dalam perawatan dan pembersihan, marmer juga akan memberikan kesan mewah bagi suatu bangunan.

Ditambah lagi, pembersihan masjid yang mungkin notabene tidak sesering rumah pribadi, maka sangat cocok apabila digunakan marmer untuk bahan utamanya.

Akan tetapi, dibalik keuntungan yang dihasilkan. Marmer untuk masjid juga akan membawa beberapa kekurangan. Diantaranya adalah sebagai berikut

  • Tekstur permukaan yang licin
  • Harga yang relatif mahal

Oleh sebab itu, apabila marmer dipilih sebagai bahan bangunan dalam masjid, terutama sebagai alas lantai, maka dibutuhkan karpet masjid. Hal ini dilakukan agar permukaan lantai tidak terlalu licin apabila dipijak. Serta tidak membahayakan bagi jemaah atau pengunjung masjid yang datang.

Untuk sekedar informasi ataupun pemesanan, Anda bisa mewhatsapp kami di :
0822 6565 2222 Pak Mudzakir.
Layanan Marmer , Granit Lokal & Impor Profesional

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *