Penambangan Batu Marmer di Indonesia

Penambangan Batu Marmer di Indonesia dan Pemanfaatannya. Menurut cara pembentukannya, batuan di bumi secara umum digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu batuan beku, batuan sedimen dan batuan malihan (metamorf). Kemudian ketiga jenis batuan tersebut terdiri dari beberapa batuan lagi. Pada jenis batuan metamorf juga ada beberapa jenis batuan, ada salah satu yang sangat dikenal masyarakat secara umum yaitu batu marmer atau sering juga disebut dengan batu pualam. Apakah batuan marmer itu?

Penambangan Marmer di Indonesia dan Pemanfaatannya

Pengertian Marmer

Marmer adalah jenis yang mengalami perubahan (malihan/metamorf) karena proses metamorfosa batu gamping atau batu kapur. Masyarakat sering mengenal marmer dengan sebutan lain pula, yaitu batu pualam. Marmer termasuk batuan yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi karena tingkat kekerasan dan kegunaannya yang banyak dipakai di berbagai bidang kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu banyak di buka penambangan batu marmer di daerah yang berpotensi.

Untuk sekedar informasi ataupun pemesanan, Anda bisa mewhatsapp kami di :
0822 6565 2222 Pak Mudzakir.
Layanan Marmer , Granit Lokal & Impor

Ciri-ciri Batu Marmer

Sebagai batu yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi, marmer memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Marmer memiliki struktur yang kompak.
  • Gugusan kristal yang terdapat pada marmer relatif sama dengan tekstur yang halus hingga agak kasar.
  • Marmer pada umumnya didominasi oleh mineral kalsit dengan kandungan mineral minor lain seperti chlorit, mika, kuarsa, tremoit, dan jenis silikat yang lain seperti hematit, limorit dan graphit.
  • Memiliki nilai komersil atau nilai ekonomi yang bergantung pada tekstur dan warna batu tersebut.
  • Marmer terpengaruh oleh porositas, kekuatan terhadap cuaca, dan kekuatan regangan.
  • Berdasarkan besar butirnya marmer memiliki tekstur halus hingga kasar

Warna Batu Marmer dan Unsur Pembentuknya

Penambangan Marmer di Indonesia dan Pemanfaatannya

Marmer merupakan batuan metamorf yang memiliki warna berbeda-beda tergantung kandungan unsur batuan awalnya, antara lain :

  • Marmer Putih, sering disebut marmer murni, yaitu marmer dengan kualitas tinggi. Berwarna putih karena kandungan 90% terbentuk dari mineral kalsit.
  • Marmer Abu-abu, terbentuk dari mayoritas kandungan grafit.
  • Marmer Pink-Merah, terbentuk dari mayoritas kandungan hematit.
  • Marmer Kuning-Krem, merupakan pengaruh dari kandungan limonit yang terdapat pada batu tersebut.

Proses Terbentuknya Marmer

Batu marmer terbentuk dari hasil metamorfosa dari batu kapur. Batu kapur ini mengalami rekristalisasi dan lama-kelamaan akan berubah menjadi batu marmer. Dua proses utama dalam pembentukan marmer adalah sebagai berikut :

  • Batu kapur mengalami rekristalisasi

    Batu marmer terbentuk dari hasil dari metamorfosis batu kapur atau gamping atau dolomit. Metamorfosis ini diawali dengan terjadinya proses rekristalisasi pada batu kapur. Proses rekristalisasi ini terjadi karena adanya pengaruh temperatur dan juga tekanan yang dihasilkan oleh gaya endogen. Proses rekristalisasi ini membentuk berbagai foliasi maupun non foliasi.

  • Hilangnya struktur asal batuan

    Proses rekristalisasi pada batu kapur mengakibatkan hilangnya struktur asal batuan tersebut, sehingga membentuk tekstur yang baru dan keteraturan butir. Tekstur baru dan keteraturan butir ini dikenal dengan nama batu pualam. Proses geologi ini membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 60 juta tahun yang lalu.

Untuk sekedar informasi ataupun pemesanan, Anda bisa mewhatsapp kami di :
0822 6565 2222 Pak Mudzakir.
Layanan Marmer , Granit Lokal & Impor

Penambangan Batu Marmer di Indonesia

Marmer (batu pualam) terjadi karena batu kapur mengalami proses metamorfosa. Metamorfosa ini merubah tingkat kekerasan batuan asal yang relatif lunak menjadi sangat padat dan keras. Marmer bila diasah akan mengkilap dan berurat hitam atau coklat, kadang-kadang tampak berfosil binatang karang. Kegiatan penambangan batu marmer di Indonesia diusahakan di :

  • Lampung (Provinsi Lampung)
  • Banjarnegara (Jawa Tengah)
  • Trenggalek dan Tulungagung (Jawa Timur)
  • Citatah (Jawa Barat)
  • Perbukitan Menoreh Kulonprogi DIY (Marmer Merah)

Penambangan Marmer di Indonesia dan Pemanfaatannya

Jenis-Jenis Batu Marmer

Sebagai salah satu jenis batuan malihan (metamorf), batu marmer memiliki beberapa jenis. Biasanya jenis batu marmer dibedakan berdasarkan dari tekstur, warna dan komposisi mineral yang menyusun batuan tersebut. Oleh Karena itu tiap lokasi penambangan batu marmer pasti mempunyai ciri khas produknya.

Adapun jenis jenis batu marmer diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Statuary marble

Jenis batuan marmer berwarna putih bersih dan memiliki tekstur yang baik.

  • Ornamental marble

Jenis marmer yang mempunyai warna yang indah.

  • Architectural marble

Adalah jenis batu marmer yang memiliki warna, tekstur, dan mutu serta kekuatan yang bagus.

  • Cipolin marble

Jenis batu marmer yang di dalamnya banyak mika dan talk.

  • Onyx marble

Adalah jenis batuan marmer yang terlihat jernih dan terdiri atas material-material organik dan kalsit.

  • Breccia marble

Adalah jenis batuan marmer yang memiliki tekstur yang kasar.

  • Ruin marble

Jenis marmer yang bertekstur halus dengan kristal yang tak teratur.

  • Carrara marble

Marmer yang memiliki warna putih murni. Jenis batu ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan patung dan air mancur oleh bangsa Romawi dan Yunani.

  • Shell marble

Adalah jenis batu marmer yang terdiri atas fosil-fosil.

  • Breksi

Adalah jenis batu marmer yang terbentuk karena bekas terjadinya longsoran tanah.

  • Limestone

Batuan marmer yang memiliki warna coklat atau beige. Batu marmer jenis ini dapat ditemukan di danau maupun bekas danau.

  • Marmer hijau

Adalah batuan pertama yang hanya sekedar terlihat seperti marmer tetapi bukan marmer asli.

  • Marmer budidaya

Batuan marmer yang dibuat manusia, yaitu dari kombinasi antara debu marmer dan semen.

Untuk sekedar informasi ataupun pemesanan, Anda bisa mewhatsapp kami di :
0822 6565 2222 Pak Mudzakir.
Layanan Marmer , Granit Lokal & Impor

Link kami lainnya :

Jasa Bangun Rumah Jogja kontraktor bangunan rumah, gudang, cafe, gedung bertingkat dll amanah terpercaya.

Pemborong Rumah Solo Jasa borongan bangun rumah, gudang, gedung bertingkat, cafe dll gratis RAB.

Kontraktor Bangunan Semarang Jasa bangun rumah, gedung bertingkat, cafe dll amanah profesional.

Manfaat Marmer Dalam Kehidupan Sehari-hari

Marmer memberikan manfaat bagi manusia dan banyak digunakan di berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa kegunaan marmer :

  • Sebagai bahan dekorasi bangunan

Dalam konstruksi bangunan marmer dapat digunakan untuk dekorasi baik interior atau eksterior. Dekorasi berbahan marmer banyak digunakan untuk dinding, lantai, tangga, jalan setapak dan fitur lain.

Beberapa alasan pemanfaatan marmer untuk dekorasi bangunan ini karena sifat batu marmer yang sangat tahan lama, mudah dibersihkan, memiliki penampilan yang sangat bagus. Salah satu pemanfaatan yang spektakuler adalah penggunaan marmer pada lantai dan dinding masjid Taj Mahal India.

  • Sebagai bahan dasar arsitektur

Marmer banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan aneka furniture di rumah. Marmer memberikan nilai keanggunan dan kecantikan pada aneka barang yang terbuat darina seperti, meja, jendela, perapian, dan barang-barang kerajinan lainnya.

Batu marmer memiliki sifat tembus cahaya, sehingga dapat memberikan sifat lunak padanya. Marmer memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk menyerap cat, sehingga menjadikannya sebagai bahan dasar pembuatan patung.

Tekstur marmer yang lembut menjadikannya sangat mudah untuk dipahat. Beberapa patung yang paling terkenal di dunia yang telah dihasilkan dari marmer antara lain adalah patung Artemis, yaitu dewi Yunani dari sebuah karya Yunani asli.

  • Sebagai pupuk

Batu marmer jika dipanaskan akan mengusir karbondioksida yang terkandung dalam kalsit, sehingga yang tersisa adalah kalsiumdioksida atau zat kapur. Zat kapur ini dapat digunakan sebagai pupuk untuk lahan pertanian yang berfungsi untuk mengurangi keasaman dalam tanah.

  • Sebagai bahan pewarna

Marmer murni berwarna putih menghasilkan produk yang dikenal sebagai kapur sirih. Kapur sirih ini berupa serbuk putih yang dapat digunakan sebagai pigmen, brightener dan pengisi dalam cat, kertas dan produk lainnya.

  • Sebagai batu nisan

Marmer merupakan batu alam yang sangat menarik dan menawarkan nilai ekonomis karena relatif mudah untuk dipotong dan dan diukir. Jika dibandingkan dengan bebatuan lain seperti granit.

Batu marmer memiliki keunggulan yaitu tahan terhadap curah hujan, asam, dan tidak mudah kehilangan bagian tepi dan detail dari waktu ke waktu. Keunggulan tersebut membuat marmer dimanfaatkan sebagai batu nisan yang berguna sebagai penanda pada tempat-tempat pemakaman.

  • Sebagai tambahan kalsium dalam makanan hewan ternak

Kapur bubuk dari marmer dapat digunakan untuk memproduksi suplemen makanan bagi ternak, karena memiliki tekstur yang lembut untuk gigi hewan, mudah larut, dan kaya akan kalsium.

Sapi perah dan ayam membutuhkan pasokan kalsium untuk menghasilkan susu dan telur. Peternakan sapi perah dan ayam banyak menggunakan kapur bubuk untuk mempertinggi asupan kalsium ternak tersebut.

  • Sebagai alat terapi untuk penyembuhan beberapa penyakit
1. Mengurangi peradangan dan luka akut

Meredakan rasa sakit dan penyumbatan daerah sinus dan mengurangi lingkaran bengkak dan gelap mata dan meningkatkan warna kulit pada wajah.

Marmer dapat dipotong dan dipoles menjadi berbagai bentuk dan ukuran yang dapat digunakan untuk bekerja di area tubuh tertentu. Dapat juga bertindak sebagai dekongestan yang kuat untuk membantu meredakan pembengkakan dan melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Batu ini dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi dengan batu panas. Bila digunakan dengan kombinasi batu-batu panas, dapat mengurangi vasodilatasi dan penyempitan organ tubuh. Yang nantinya dapat membantu menyebarkan nutrisi dalam tubuh, sehingga dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

2. Menetralkan asam dalam tubuh

Batu marmer terdiri dari kalsium karbonat yang membuatnya sangat efektif untuk menetralisir asam. Yang dihancurkan menjadi kapur bubuk dapat diproses menjadi produk obat untuk mengobati gangguan pencernaan yang diakibatkan kelebihan zat asam dalam tubuh.

  • Sebagai bahan dasar pembersih rumah

Batu marmer juga sering digunakan untuk bahan dasar pembuatan cairan pembersih untuk kamar mandi maupun dapur. Kelembutan pada batu marmer menjadikannya sebagai alat pembersih yang tidak menimbulkan goresan maupun kerusakan lainnya.

Itulah tadi pengertian marmer, ciri-ciri marmer, warna-warna marmer, proses pembentukan, jenis, daerah penambangannya di Indonesia dan contoh-contoh pemanfaatnnya dalam kehidupan sehari-hari.

Anda bisa cek Lantai Marmer Murah apabila tertarik menggunakan marmer. Selain itu juga untuk mendapatkan harga yang menarik baik untuk marmer impor atau lokal. Ini sangat mempermudah dalam pencarian marmer sesuai dengan selera dan budget anda.

Untuk sekedar informasi ataupun pemesanan, Anda bisa mewhatsapp kami di :
0822 6565 2222 Pak Mudzakir.
Layanan Marmer , Granit Lokal & Impor Profesional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *